Koordinasi dengan Ketua Forikan Kabupaten Sampang

Koordinasi Kepala Dinas Perikanan bersama Camat Pangarengan dengan Ibu Mimin Slamet Junaidi selaku ketua forikan Kabupaten Sampang Hari Senin tanggal 14 Maret 2022 sangat mendukung Kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) TA. 2022

Kecamatan Pangarengan merupakan penghasil bandeng dan garam. Pada saat musim penghujan, tambak dikelola untuk usaha budidaya ikan bandeng, sementara pada saat musim kemarau tambak digunakan untuk usaha produksi garam. Untuk mendukung booming-nya usaha budidaya ikan bandeng dan mengenalkan komoditas ikan di Kecamatan Pangarengan, dibentuk kelompok usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. Sebagai bentuk inovasi pengolahan ikan, Dinas Perikanan sebagai OPD terkait memberikan pelatihan pengolahan ikan dan diversifikasi usaha pengolahan ikan di Kecamatan Pangarengan.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Dinas Perikanan untuk mengenalkan ikan sebagai komoditas yg meningkatkan kecerdasan otak, memberikan nilai tambah bagi produk perikanan, meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga diharapkan ada peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Sampang. Ibu Mimin Haryati Slamet Junaidi selaku Ketua Forikan Kabupaten Sampang sangat antusias dalam sosialisasi Gemar Ikan kepada Anak SD dan TK/Paud agar gemar mengkonsumsi ikan.

Ikan sebagai sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan pada 1.000 hari pertama kehidupan. Kandungan asam lemak dan Omega 3 terbukti bagus untuk perkembangan otak dan merangsang pertumbuhan. Selain itu Ikan juga kaya akan kandungan vitamin, diantaranya vitamin D dan B12 serta kaya akan kalsium, fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium. Maka koordinasi Dinas Perikanan dengan Ketua Forikan dilakukan demi terselenggaranya sosialisasi Gemarikan di Kabupaten Sampang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.